Seni Arsitektur Masjid



Batik merupakan hasil kesenian warisan budaya yang telah lama bertumbuh di Indonesia. Sejarah perkembangan batik sendiri telah dikenal sejak zaman kejayaan Majapahit sampai era berikutnya, bahkan tetap lestari sampai sekarang. Kata batik merupakan suatu akronim yang berasal dari bahasa Jawa, yaitu: "amba" dan "titik" (bermakna: "menulis" dan "titik"). Dengan demikian bisa dikatakan bahwa kata batik sebenarnya merujuk dan menjelaskan suatu proses mengolah bahan dengan cara menulis menggunakan teknik titik. Sedangkan obyek atau media yang digunakan untuk membatik adalah kain.
Dilihat dari segi prosesnya, batik memang merupakan seni mewarna kain. Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya seni batik pada umumnya adalah:
1.     kain (bisa terbuat dari sutra atau katun),
2.     canthing (alat pembentuk motif),
3.     gawangan (tempat untuk menyampirkan kain),
4.     lilin/ malam (dicairkan),
5.     panci dan kompor kecil untuk memanaskan,
6.     larutan pewarna
Ornamen-ornamen yang dilukiskan pada kain saat membatik sangat beragam. Detail motif dan pola didesain sedemikian rupa untuk mempercantik tampilan ornamen batik. Rata-rata ornamen yang digunakan bercorak klasik dan tradisional, walau tidak menutup kemungkinan menggunakan corak kreasi lainnya untuk diterapkan di atas media kain. Demikianlah konsep batik bermedia kain. Lalu, apakah bisa konsep batik diterapkan pada media selain kain dengan bahan berbeda dengan yang tertera di atas? Jawabnya; BISA.

Artikel ini mungkin bisa menjadi alternatif jawaban itu, yang sengaja ingin memperkenalkan satu produk GRC (Glassfibre Reinforced Cement) yang bisa diolah dengan bermacam desain ornamen, bahkan dengan desain corak ornamen bergaya batik. GRC yang berbahan dasar semen bercampur agregat, bahan penguat, dan fiberglass tidak membatasinya untuk diproses/ dibentuk dengan desain bergaya batik. Di sinilah jawabannya bisa terealisasikan, di PJ Artikon.

Sekadar pengingat bahwa GRC (Glassfibre Reinforced Cement) adalah produk beton pracetak yang memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan produk beton lainnya. Salah satu keunggulan yang dimaksud dalam hal ini adalah tingkat kepraktisannya yang dapat dicetak dalam bentuk apa saja, dengan tingkat kerumitan desain seperti apapun, termasuk desain bergaya batik. 

PJ Artikon yang fokus di bidang pemroduksian GRC (GlassfibreReinforced Cement) membuka peluang kerjasama pada konsumen dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin untuk melayani pemesanan produk-produk GRC. Inovasi terus dikembangkan di perusahaan ini, termasuk dalam usaha mengolah produk GRC dengan variasi ornamen yang menarik. Variasi ornamen yang tetap menjaga keunggulan kekuatan produk sekaligus mempertahankan kualitas estetis. Tidak hanya melayani pesanan berdesain gaya modern, PJ Artikon juga menawarkan desain-desain bernuansa lokalitas seperti halnya ornamen bercorak batik.



www.grcartikon.co.id

Fine-Art of GFRC Products

Marketing Office:
*Ruko Terminal Mojoagung Blok A-5 Mojotrisno, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61248, Indonesia 


telp :
0321-490505

Tidak ada komentar:

Posting Komentar